Jumat, 08 April 2011

kendalikan amarah

Setiap manusia memiliki emosional atau amarah, itu wajar dalam kehidupan. Namun ada marah yang tidak dapat diperbenarkan, yaitu marah yang berlebihan. Marah yang sampai tidak terkendali ini dapat menghancurkan seseorang, baik dalam hubungan nya pada tuhannya juaga pada sesama manusia. Mengapa marah dapat menghancurkan hubungan sesama dan tuhannya?? Karena marah dapat membuat seseorang lupa akan tuhannya bahkan dapat menghilangkan nyawa seseorang.

Sekarang bagaimana kita mengendalikan kemarahan?? Pertama tenangkanlah kemarahan tersebut dengan bersikap seperti menjadi obyek kemarahan, sentuhan perasaan, merendahkan suara, bersikap lembut kepada orang yang marah dan mencari solusi. Kedua, mencabut sumbu kemarahan dengan memahami karakter diri, ketahui sumber pemicu kemarahan, mengubah pemikiran dan berusaha untuk sabar (menahan diri). Ketiga, menjauhkan diri dari para pendendam, dan selalu melihat sisi positif

Buatlah hidup ini nyaman dan penuh rasa kedamaian, karena keindahan datangnya dari hati yang tentram. Baiknya kita dapat mengubah kemarahanb yang merusak menjadi kemarahan yang ramah dan produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar